Mengapa Anda Perlu Pasangan dengan Karakter Berbeda


Memilih pasangan hidup bukanlah perkara sepele. Tidak hanya berbagi saat senang, Anda harus bisa memastikan bahwa pasangan Anda bisa diajak kerjasama ketika menghadapi sebuah permasalahan.

Belajar bagaimana cara untuk benar-benar mencintai, menghargai dan menerima kekurangan serta perbedaan masing-masing pasangan merupakan kunci utama agar hubungan bisa bertahan lama. Tak hanya itu, belajar saling menerima dan memahami perbedaan ini juga dapat mendewasakan Anda secara personal karena jika dua orang berbeda kepribadian dapat bekerjasama maka mereka akan menjadi satu unit yang saling menguatkan.

Namun, tak bisa dipungkiri, menjalin hubungan dengan seseorang yang sangat berbeda karakter dengan kita memiliki tantangan tersendiri. Jika gagal, hasilnya bisa jadi sangat menyakitkan, namun jika sukses Anda dan pasangan akan menuai hasil yang sangat manis.

Berikut alasan mengapa Anda harus menjalin hubungan dengan pasangan beda karakter:

Perbedaan dapat menyeimbangkan satu sama lain

Pasangan yang berbeda kepribadian dapat saling mempelajari karakter masing-masing. Misal, jika pasangan tersebut terdiri dari karakter super aktif dan karakter yang pendiam. Mereka tidak hanya bisa saling mengingatkan tetapi juga dapat memahami reaksi orang lain terhadap perilaku mereka dengan bercermin dari pasangan masing-masing.

Jika seseorang memiliki jiwa yang bebas dan menjalani hidup dengan santai bertemu dengan pasangan yang memiliki kebiasaan hidup terpola dan terencana, mereka akam dapat saling mengdopsi kebiasaan pasangan mereka. Mereka akan bisa saling mengisi.

Anda bisa melihat sesuatu dari kacamata yang berbeda

Banyak orang yang menilai adanya perbedaan dapat berujung pada sebuah konflik. Anggapan itu tidaklah benar. Mempertimbangkan sesuatu dari sudut yang berbeda bukan berarti menyatakan bahwa Anda harus berkata setuju atau tidak setuju. Memberi pertimbangan justru menunjukkan bahwa Anda memiliki kemauan untuk belajar memahami dan mengerti.

Melihat permasalahan dari sudut pandang oranglain akan membuat Anda menjadi lebih berempati dalam menanggapi masalah dengam cara yang berbeda. Melihat masalah dasi sudut pandang oranglain bahkan dapat membuat setiap keputusan yang Anda ambil menjadi lebih baik.

Menjalin hubungan dengan pasangan yang berbeda karakter dapat mengasah kemampuan berkompromi

Belajar untuk beekompromi tidak hanya dalam membuat sebuah hubungan berjalan mulus tetapi juga membantu Anda dalam mengarungi kehidupan. Banyak yang menganggap bahwa kompromi sama artinya dengan menyerahkan dengan pasrah sebagian yang kita inginkan untuk pasangan.

Padahal, arti sesungguhnya dari kompromi adalah menciptakan kondisi yang saling menguntungkan bagi pasangan. Jika Anda mau belajar untuk melihat berbagai kebutuhan, kesukaan dan keinginan pasangan sebagai kesempatan untuk memperkaya wawasan Anda, maka itu artinya Anda telah berhasil menciptakan situasi yang saling menguntungkan.

Kompromi dapat berjalan karena komunikasi. Menjalani sebuah  hubungan dengan orang yang berbeda kepribadian sama artinya dengan Anda meningkatkan dan mengembangkan kreativitas.

Jadi, tak ada salahnya bukan Anda mencoba menjalin hubungan dengan pasangan yang memiliki karakter yang berbeda dari Anda, seperti dilansir laman Lifehack.


7 Jenis Bunga Terbaik dan Maknanya Bagi Cinta

Dulu, sekarang dan entah sampai kapan, Bunga menjadi salah satu media yang tepat untuk mengungkapkan perasaan cinta. Tujuh jenis bu...