Simbol-Simbol Cinta dan Maknanya (2)


Dari semua hal yang dirasakan oleh hati, cinta adalah hal yang paling pasti dan yang paling mulia. Ketika Anda mulai membiasakan diri dengan simbol-simbol ini Anda akan menjadi lebih sadar akan kekuatan dan pengaruh cinta yang luar biasa ini.



Buah Apel. Sebuah simbol ekstasi, kesuburan dan kelimpahan akan cinta, Apel adalah seperti sebuah kesaksian pepatah "hal-hal besar datang dari hal-hal kecil." Pada pernikahannya dengan Zeus, Gaia mempersembahkan Apel ke Hera yang menandakan cinta yang abadi dan utuh. Dionysus, dewa anggur Yunani, menawarkan Apel untuk merayu Aphrodite dan pada akhirnya ia mendapatkan  cintanya. Apel menandakan cinta dan kecantikan feminim. Di Cina Apple melambangkan perdamaian.






Cupid: Cupid atau Eros dalam bahasan Yunani berarti keinginan. Menurut Hesiod, Eros adalah dewa yang berasal dari Chaos dan mewakili kekuatan keinginan. Eros dikatakan telah lahir dari bersatunya  Aphrodite dan Ares. Dikenal sebagai Amor (artinya cinta) kepada jemaat di Roma, Cupid itu sering ditampilkan dalam seniman dengan mata ditutup yang melambangkan kebutaan cinta.






Harpa: Harpa adalah simbol cinta dalam bentuk seni, puisi, dan musik. Harpa memberikan keterkaitan mistis dan  jembatan cinta yang menghubungkan langit dan bumi. Di Norwegia dan Islandia,  Bentuk Harpa yang seperti tangga melambangkan pendakian ke tingkat yang lebih tinggi dari cinta dan jalur yang mengarah ke surga. Raja Daud memainkan harpa kepada Tuhan untuk mengungkapkan pengabdian dan cinta.








Hati: Seperti sudah umum diketahui bahwa hati adalah simbol yang paling umum untuk cinta dan yang paling dikenal. Penyihir dan Alkemis menggunakan simbol Hati untuk mantera yang berkaitan dengan hal yang berkaitan dengan cinta dan asmara. Mereka juga menggunakannya dalam ritual-ritual dengan tujuan untuk mempererat  hubungan. Hati telah lama dikenal di seluruh budaya sebagai simbol untuk amal, sukacita dan kasih sayang. Juga lambang kebenaran.






Daun Maple: Di Cina dan Jepang Daun Maple merupakan lambang pecinta. Di daerah  Amerika Utara pernah ada tempat dimana daun Maple di letakan di tempat tidur mereka untuk menangkal setan dan mendorong kenikmatan seksual serta nyenyaknya tidur. Daun Maple menjadi simbol cinta dalam menyambut seorang anak baru di rumah. Sama seperti manisnya getah maple yang diproduksi menjadi jely Maple demikian juga daun Maple berfungsi sebagai simbol cinta karena mereka menggambarkan  manis dan ajaib nya cinta dalam kehidupan sehari-hari.



Bungan Mawar : Simbol cinta yang sempurna karena mewakili semua hal yang sensual, suci, murni dan romantis. Di Yunani kuno dan Roma mawar dilambangkan kesucian bagi Aphrodite (Venus) dan lambang keindahan - yang tumbuh dalam  darah Adonis. Dalam tradisi Barat Mawar adalah simbol gairah, hasrat, dan kesempurnaan fisik. Mawar juga merupakan simbol umum dari kehidupan abadi dan kebangkitan.





Shell / kerang: Karena cangkangnya yang keras, kerang identik dengan pelindung - melindungi kehidupan (tempat mutiara) dan kadang juga melambangkan kualitas cinta. Dalam mitologi Romawi, Venus, dewi cinta, dikatakan dibuat dari busa di atas cangkang  kerang. Dewi Hindu Lakshmi dikatakan juga dibuat dari pasir dan mutiara dalam kerang . Juga dalam Hinduisme cangkang Keong adalah sebuah simbol karena membangkitkan hati umat untuk beriman, dan panggilan untuk mereka yang hidup dengan penuh cinta di hati.




Segitiga: Di Mesir Kuno Segitiga itu dipandang sebagai simbol kecerdasan dan menunjukkan kapasitas cinta. Segitiga adalah elemen utama dari Buddha Shri Yantra mandala untuk meningkatkan energi cinta untuk mencapai tingkat kesadaran dan persatuan dengan yang hak. Segitiga ini juga berkaitan dengan cinta yang diwakili oleh ibu, ayah, anak- anak. Seperti disebutkan sebelumnya, sebagai representasi grafis dari sebuah segitiga terbalik,  melambangkan sebuah kapal di mana cinta dituangkan atau dibawa.




No comments:

Cintamu Berawal dari Faktor Fisik, Harta, atau Kenyamanan?

Cinta bisa tumbuh kapansaja dan dimana saja. Cinta bisa tumbuh karena pengaruh faktor fisik, harta atau faktor kenyamanan. Ketiga fak...