Tiga Tips Kencan Online



Mencari pasangan bisa dilakukan dengan banyak cara. Di antaranya bisa minta dikenalkan dengan teman, minta dijodohkan oleh kenalan dari keluarga sendiri, atau mencari teman kencan melalui teknologi, seperti media sosial dan berbagai aplikasi online. 

Untuk cara terakhir, yakni mencari pasangan melalui teknologi, sayangnya memiliki beberapa risiko. Salah satunya bertemu dengan orang yang memiliki niat buruk. Kenyataan ini bisa sangat menyakitkan, bila Anda membuat diri Anda sendiri rentan dalam pencarian asmara dan hubungan intim secara online.

Kabar baiknya dalam kehidupan nyata, orang-orang dengan niat tidak baik ini hanya sebagian kecil dari populasi online. Namun mereka memang ada, karena itu jika Anda akan pergi kencan dengan orang yang pernah Anda temui dari Internet, Anda harus menyadari fakta tersebut dan melakukan beberapa tindakan pencegahan dasar.

Saran berikut tentu saja tidak akan menjamin keselamatan fisik dan emosional Anda. Namun setidaknya hal ini akan membantu melindungi Anda.

1. Bertemu di tempat umum
Pertemuan pertama Anda harus dilakukan di kedai kopi, museum, kafe, taman, atau tempat umum lain. Ini memberi Anda waktu untuk mengenal seseorang, setidaknya secara sekilas. Sehingga Anda dapat mengidentifikasi sosoknya secara jelas sebelum menyetujui untuk bertemu di tempat yang lebih pribadi.

2. Beritahu teman atau keluarga tentang apa yang Anda lakukan
Pastikan setidaknya satu teman atau anggota keluarga tahu dengan siapa Anda akan bertemu, di mana, dan kapan. Aturlah untuk bertemu dengan orang terdekat Anda dengan orang itu paling tidak sekali selama kencan Anda. Anda bahkan bisa mengajak beberapa teman dekat ke tempat Anda akan bertemu dengan orang itu. Mintalah teman Anda secara diam-diam mengawasi.

3. Percaya dengan nalurimu
Inilah tips keamanan terpenting dari semuanya. Jika situasi tidak terasa tepat bagi Anda, karena alasan apa pun, keluarlah. Anda tidak berkewajiban untuk melanjutkan kencan. Mungkin yang Anda rasakan adalah sesuatu yang berbahaya atau mungkin juga tidak. Bagaimanapun, jika situasi terasa tidak nyaman, maka pergilah karena ia bukan orang yang Anda cari.

Memang tidak semua orang yang akan Anda temui dari kencan online adalah jahat. Namun proteksi diri dari awal sangat dibutuhkan. Mengingat saat ini tidak sedikit kejahatan dari dunia online terjadi. Maka selalu waspada dan ikuti naluri diri Anda.

TEMPO.CO

Cintamu Berawal dari Faktor Fisik, Harta, atau Kenyamanan?

Cinta bisa tumbuh kapansaja dan dimana saja. Cinta bisa tumbuh karena pengaruh faktor fisik, harta atau faktor kenyamanan. Ketiga fak...