Resep Awet Pernikahan – peduli satu sama lain


Jika Anda berpikir bahwa pernikahan bisa sukses karena cinta semata, periksalah kembali pemikiran dan keyakinan itu. Cinta itu bersifat sementara saja. Daya tarik cinta atau kegilaan yang datang di tahap awal kisah cinta akan segera menghilang. Setelah itu yang tersisa adalah perasaan bahwa dia milikku dan aku miliknya. Kita harus menjalaninya bersama. That’s it all.

Bagaimana perkawinan bisa berubah setelah cinta itu menghilang? Hal ini dapat terjadi dalam dua kemungkinan. Misal, pasangan cinta mungkin mulai menyesali pernikahan mereka setelah melewati tahap awal kegilaan cinta. Atau pasangan dapat terus bersama sebagai rasa kewajiban satu sama lain dan mulai membangun kehidupan bersama tanpa adanya gairah cinta.

Jika melihat ke belakang dan memikirkan saat awal pernikahan, sebagian besar pasangan sangat peduli satu sama lain. Mereka menyebutnya cinta. Padahal pada dasarnya itu hanyalah suatu “kepedulian”. Seorang ibu merawat anak-anaknya karena mereka adalah tanggung jawabnya dan miliknya. Demikian pula, pasangan pernikahan peduli satu sama lain karena mereka menikah. Kepedulian yang membuat pernikahan mereka menjadi yang terakhir dan bersama selamanya. Namun ada pemikiran yang berbeda bagi sebagian pasangan, yaitu ketika pasangan memiliki pikiran yang menginginkan kebebasan. ”aku ingin bebas”, ”aku telah melakukan kesalahan dengan pernikahan ini”. ”Aku sudah tidak mencintaimu lagi”, ”Aku harus mencari seseorang yang lebih baik” dan sebagainya dan sebagainya yang intinya  mengarah ke kehancuran pernikahan itu sendiri. Proses berpikir seperti ini disebut proses berfikir egois, bertolak belakang dengan berfikir sebelumnya yaitu kamu adalah saya dan saya harus peduli padamu.

Kita harus belajar menghargai orang lain. Kita harus mengesampingkan keinginan egois kita untuk beberapa waktu. Kita harus berpikir tentang akibat yang sering ditimbulkan karena terjadinya perceraian. Mengembangkan pemikiran peduli satu sama lain pasti bisa membantu dalam membuat perkawinan bertahan lebih lama.

No comments:

7 Jenis Bunga Terbaik dan Maknanya Bagi Cinta

Dulu, sekarang dan entah sampai kapan, Bunga menjadi salah satu media yang tepat untuk mengungkapkan perasaan cinta. Tujuh jenis bu...